Connect with us

Hi, what are you looking for?

Media JakartaMedia Jakarta

Politik

Berawal dari Mogok Kerja, Inilah Kronologi dan Duduk Perkara Bentrokan Maut di PT GNI

Berawal-dari-Mogok-Kerja-Inilah-Kronologi-dan-Duduk-Perkara-Bentrokan-Maut-di-PT-GNI Media Jakarta Berawal-dari-Mogok-Kerja-Inilah-Kronologi-dan-Duduk-Perkara-Bentrokan-Maut-di-PT-GNI

Sulawesi – Bentrokan antara sejumlah pekerja warga negara Indonesia (WNI) dengan para pekerja warga negara asing (WNA) asal China terjadi di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Dimana diketahui jika bentrokan antara pekerja tersebut terjadi pada Sabtu (14/1/2023) dan terus bergulir hingga Minggu (15/1/2023) dini hari. Dalam peristiwa itu, sedikitnya tiga orang dikabarkan meninggal dunia.

Disisi lain banyak yang penasaran dengan apa sebenarnya yang menjadi penyebab peristiwa berdarah itu? Dan bagaimana kronologinya? 

|Baca Juga: Sekjen Gerindra Instruksikan Kader Pasang Bendera Prabowo Presiden 2024, Jelang HUT Partai

Kronologi Sebenarnya bentrokan maut di PT GNI 

Diketahui dalam bentrokan antara WNI dan WNA di PT GNI Morowali Utara terjadi pada Sabtu (14/1/2023) sekitar pukul  11.20 WITA. Dimana peristiwa ini bermula dari penganiayaan oleh pekerja WNA terhadap pekerja WNI yang terjadi di Pull Dump Truck. 

Setelah itu, akhirnya bentrokan bergeser ke Smelter 2 dan diwarnai oleh sejumlah aksi saling lempar batu antara pekerja WNI dan WNA. Saat itu pula pekerja WNI membakar sejumlah motor milik WNA.

Yang kemudian pada pukul 19.30 WITA, diwarnai dengna mogok kerja kru Pull Dum Truck terjadi lagi pada saat pergantian shift malam. Aksi mogok kerja dipicu peristiwa penganiayaan WNA kepada WNI yang terjadi siang harinya.

Saat itu, Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto melakukan pendekatan persuasif dengan para kru yang mogok kerja, dengan melakukan negosiasi. Hasilnya, para pekerja bersedia meninggalkan lokasi dengan tertib.

Akan tetapi tak berselang lama kemudian, sekitar pukul 20.00 WITA, bentrokan antara WNI dan WNA kembali terjadi di jalan antara Smelter 1 dan 2.

Dalam kasus ini, Kapolres Morowali Utara dan tim gabungan mengambil langkah tegas. Dimana diketahui jika aparat berhasil memukul mundur WNI dan WNA yang terlibat bentrokan.

Meski sudah mundur, peristiwa berlanjut sekitar pukul 21.WITA, di manamassa menyerang dan membakar mess WNA. Sejumlah mobil, loader hingga crane turut dibakar.

Pada saat yang bersamaan, massa dari arah Desa Bunta tiba-tiba menyerang Pos 4 dengan batu. Mereka juga melakukan aksi pengerusakan mobil damkar PT SEI.

Massa kembali membakar alat berat dan mobil sekitar pukul 22.00 WITA. Mereka juga melakukan penjarahan di mess WNA.

Peristiwa itu terus memanas hingga berganti hari, tepatnya pada pukul 02.15 WITA. Tim gabungan yang dipimpin Kapolres Morowali Utara berhasil membubarkan massa, sehingga kondisi menjadi kondusif dan terkendali.

Duduk perkara bentrokan maut

Dalam bentrokan yang terjadi di PT GNI Sorowali Utara tersebut, sedikitnya tiga orang dilaporkan meninggal dunia. Selain itu 9 orang lainnya mengalami luka-luka.

Korban tewas masing-masing 1 orang WNA dan 2 orang WNI dan belum diketahui identitasnya. Buntut dari aksi tersebut, kepolisian mengamankan 70 orang di Mapolres Morowali Utara.

Adapun duduk perkara bentrokan ini bermula saat sejumlah pekerja lokal menyerukan adanya mogok kerja kepada pekerja lainnya. Mogok kerja itu menyusul seringnya terjadi kecelakaan kerja di perusahaan tambang tersebut.

Yang terakhir, kecelakaan kerja di PT GNI menewaskan seorang selebgram bernama Nirwana Selle. TikTokers itu tewas terbakar secara mengenaskan di dalam crane yang sedang dioperasikan.

Terkait hal tersebut, para pekerja menuntut adanya perbaikan pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di lingkungan PT GNI. Tak hanya itu, pekerja juga memnuntut adanya kenaikan gaji mulai Januari 2023.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Latest

Pesan-Pilu-Bharada-E-untuk-Sang-Kekasih-dalam-Sidang-Pledoi-Bahagiamu-Adalah-Bahagiaku

Jakarta

Jakarta – Sidang pledoi yang berisi pembacaan nota pembelaan atau yang dibacakan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam sidang pembunuhan berencana Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat yang digelar...

Hari-ini-6-Eks-Anak-Buah-Ferdy-Sambo-Jalani-Sidang-Tuntutan-Obstruction-Of-Justice Hari-ini-6-Eks-Anak-Buah-Ferdy-Sambo-Jalani-Sidang-Tuntutan-Obstruction-Of-Justice

Politik

Jakarta – Enam orang mantan anak buah Ferdy Sambo, Hendra Kuniawan Cs bakal menghadapi sidang pembacaan tuntutan kasus obstruction of justice dalam kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat,...

Indra-Bekti-Jalani-Latihan-Fisioterapi-di-Rumah-Untuk-Proses-Pemulihan. Indra-Bekti-Jalani-Latihan-Fisioterapi-di-Rumah-Untuk-Proses-Pemulihan.

Kesehatan

Jakarta – Indra Bekti akhirnya dapat kembali pulang ke rumahnya setelah sebelumnya dirawat di rumah sakit selama hampir satu bulan lamanya akibat alami pendarahan otak. Meski...

You May Also Like

Sticky Post

JakartaBersatu – Adil mengatakan Meranti merupakan daerah penghasil minyak sejak tahun 1973. Sayangnya hasil kekayaan alam itu tidak dirasakan masyarakat setempat, terlihat dari jumlah...

Sticky Post

Menyambut bulan Desember, sejumlah film terbaru telah dijadwalkan rilis di bioskop dan layanan streaming. Film terbaru bulan Desember menayangkan beragam genre menarik, mulai dari komedi...

Otomotif

H Ukat S hingga Tito Soemarsono Penerima Terbanyak Royalti Musik LMK Pelari Nusantara kembali mendistribusikan royalti musik kepada pencipta lagu dan ahli waris yang...

Sticky Post

Pemerintah telah menetapkan kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) 10% untuk 2023 dan 2024. Namun kebijakan ini dinilai akan membuat banyak perusahaan rokok melakukan pemutusan...